Welcome To My Blog

Thanks for Visiting my Blog :)
I wrote my minds in here, I hope my articles will be useful for you.
If you don't mind, please, be my follower so that we can share our minds, thanks.

mylife-diechemie.blogspot.com
My Email: dertraum0127@gmail.com

Thank you for all participants supporting this blog. Especially the download link's sources and bibliographies.

I'm not an expert teacher or lecturer of chemistry. I was only a student from SMA NEGERI 15 SURABAYA who had been one of the Bronze Medalist Participants of Olimpiade Sains Nasional X (2011) of Chemistry In Manado, North Sulawesi, 11 - 16 September 2011 and graduated in 2012. Now, I'm studying at Universitas Airlangga in Surabaya, Indonesia. I do love chemistry and I would like to help them who had difficulties in studying chemistry. That's why, please understand me if you found some misconcepts in my entries. Suggestions are always necessary in order to develop this blog. And I'm sorry because my English isn't so well.

All posts are originally created by me. I never stole from any sites or somebody's blog. Although sometimes I took pictures or data from other sites, I always wrote the source of that pictures or data.


Protected by Copyscape Unique Content Checker

The Documents

Monday, June 20, 2011

Muatan Formal

Dalam menentukan struktur lewis suatu senyawa, muatan formal adalah hal vital yang harus dilibatkan agar kita mendapatkan struktur yang benar. Untuk menghitung muatan formal tidak begitu sulit, yaitu:



Atau lebih gampangnya:



Tentu resonansi dan aturan octet dalam suatu struktur senyawa harus dilibatkan dalam menentukan struktur tersebut apabila memungkinkan.

Sebagai contoh adalah senyawa Oksigen:


6 Titik menyatakan elektron bebas (Jumlah elektron valensi maksimal oksigen = 6) dan garis menyatakan pasangan elektron ikatan sehingga jumlah elektron adalah 8 (Memenuhi aturan oktet). Sehingga muatan formal = 6 – (6+1) = -1


Tetap memenuhi aturan oktet, Jumlah elektron = 8 dengan elektron bebas adalah 4 dan jumlah elektron yang terlibat dalam ikatan adalah 4. Sehingga muatan formal = 6 – (4+2) = 0


Jumlah elektron bebas = 2 dan jumlah elektron ikatan = 6 (Memenuhi aturan oktet). Sehingga muatan formal = 6 – (2+3) = +1

Contoh Struktur Ion Sulfat:


Tambahan:

Untuk yang bermuatan formal 0, tidak perlu ditulis. Struktur diatas selain disebut struktur Lewis, dapat juga disebut struktur Kanonis.

Anda juga dapat menuliskan struktur lewis untuk senyawa yang memiliki resonansi (Seperti SO42-) menjadi (Contoh: CO32-) :

Garis putus – putus menandakan resonansi (Ikatan berpindah – pindah) dan muatan menjadi -2/3 karena apabila ditotal, muatan formal ketiga atom oksigen tersebut adalah -2, sesuai dengan muatan senyawa karbonat yaitu -2.

7 comments:

  1. Ternyata ini blognya Mal rizqi . Kyaaaaaa akhirnya setelah berkeliling mencarimu hahaha. Ingat gaaakkk mal? Icaaaaakk temen SDmu di sidorejo 1. Ohiyaa, ini yaa menirut ilmu yg aku dapatkan, bahwaaaa

    Mf = ev - 1/2 e ikatan - e bebas :)))

    ReplyDelete
  2. Waaah Icha ya, iya aku ingat kok hehehehe :)

    Iya bener sekali, :D

    sudah lama ya nggak ketemu...

    ReplyDelete
  3. kalo soal mencari muatan formalnya yang kaegini bisa tolong bantu ga?
    O
    |
    a. CH3--S--CH3
    ' '
    O
    //
    b. CH3--C
    \
    ' ' O ' '
    ' '
    ' 'OH
    ||
    c. HCH

    mohon bantuannya ya mksih.

    ReplyDelete
  4. mas yg : O (jari 3) itu gimana mksdnya? cuma lima dong.. 1 lg ditulis dmn ya? masih gak ngerti nih

    ReplyDelete