Welcome To My Blog

Thanks for Visiting my Blog :)
I wrote my minds in here, I hope my articles will be useful for you.
If you don't mind, please, be my follower so that we can share our minds, thanks.

mylife-diechemie.blogspot.com
My Email: dertraum0127@gmail.com

Thank you for all participants supporting this blog. Especially the download link's sources and bibliographies.

I'm not an expert teacher or lecturer of chemistry. I was only a student from SMA NEGERI 15 SURABAYA who had been one of the Bronze Medalist Participants of Olimpiade Sains Nasional X (2011) of Chemistry In Manado, North Sulawesi, 11 - 16 September 2011 and graduated in 2012. Now, I'm studying at Universitas Airlangga in Surabaya, Indonesia. I do love chemistry and I would like to help them who had difficulties in studying chemistry. That's why, please understand me if you found some misconcepts in my entries. Suggestions are always necessary in order to develop this blog. And I'm sorry because my English isn't so well.

All posts are originally created by me. I never stole from any sites or somebody's blog. Although sometimes I took pictures or data from other sites, I always wrote the source of that pictures or data.


Protected by Copyscape Unique Content Checker

The Documents

About Me

My Photo
Surabaya, East Java, Indonesia
I born on 1 August 1994 in Pangkalan Bun, a beautiful city in Borneo, Indonesia. I'm studying in 15 Senior High School of Surabaya. And about my blog, please, I'm glad to receive your comments and suggestions that can make my blog becomes better, Thanks. This blog is dedicated for Chemistry, so am I. I hope with chemistry, we'll get a brighter future.

Friday, June 17, 2011

Tetapan Kesetimbangan

Dalam sebuah reaksi kesetimbangan, tentu kita mengetahui bahwa tetapan kesetimbangan (Keq) menyatakan arah reaksi kesetimbangan tersebut berlangsung. Ada beberapa tetapan kesetimbangan yang kita ketahui, yaitu Kc dan Kp. Sekarang kita akan mencari tahu hubungan masing – masing tetapan tersebut.

Perlu saya ingatkan lagi bahwa gas disini dianggap gas ideal sehingga berlaku persamaan:

P V = n R T

Sebuah reaksi homogen dalam 1 Liter wadah:
2A(g) + B(g) <--> C(g) + 3D(g)

Pernyataan Tetapan Kesetimbangan Konsentrasi (Kc ; C = Concentration)


Sehingga dapat kita rumuskan bahwa Kc adalah:


Mulai dari sini, kita nyatakan koefisien dengan “K”.

Jika diketahui konsentrasi masing – masing zat dalam keadaan setimbang pada suhu 27oC adalah: A = 2M, B = 1M, C = 3M, D = 0,5 M.

Maka:


Hubungan Kc dengan Kp

(Kp adalah Tetapan Kesetimbangan Tekanan Gas ; P = Pressure)




Sehingga dapat kita rumusukan hubungan Kp dan Kc adalah:



Hubungan Kp dengan Kx

(Kx adalah Tetapan Kesetimbangan Fraksi ; X = Fraksi Mol)

Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat kesetimbangan tercapai, tekanan suatu wadah sama dengan total dari tekanan parsial setiap gas yang ada. Seperti yang dinyatakan dibawah untuk reaksi kesetimbangan kita:

Sehingga P total dapat kita nyatakan dalam:

Sehingga P total dapat kita nyatakan dalam:

Dari persamaan – persamaan diatas, dapat kita cari hubungan antara Kp dengan Kx:

Sehingga hubungan Kp dan Kx dapat kita nyatakan dalam:

Hubungan Kc dengan Kx

Dari persamaan yang kita dapat diatas, dapat langsung kita tentukan hubungan Kc dengan Kx.


Mari kita buktikan kebenaran persamaan ini:

Kc = Kx (Total M)∆K
Kc = 0,01442308 x 6,5 = 0,09375 (TERBUKTI)

Mari kita bahas satu tetapan lagi, yaitu tetapan kesetimbangan aktivitas (KA):

Hubungan KA dengan Kc

Perlu kita ketahui bahwa A = γ [X] (γ = Koefisien Aktivitas)



Keterangan: Kγ disini kita gunakan untuk menyederhanakan persamaan saja sehingga Kγ tidak kita anggap sebagai tetapan kesetimbangan.


Hubungan KA dengan Kx


Hubungan KA dengan Kp


Sehingga kita mendapatkan:



Tambahan: Mengenai satuan, satuan dari semua tetapan kesetimbangan disini bergantung kepada koefisien reaktan dan produk sehingga kita dapat asumsikan tetapan kesetimbangan tidak memiliki satuan.

No comments:

Post a Comment