Welcome To My Blog

Thanks for Visiting my Blog :)
I wrote my minds in here, I hope my articles will be useful for you.
If you don't mind, please, be my follower so that we can share our minds, thanks.

mylife-diechemie.blogspot.com
My Email: dertraum0127@gmail.com

Thank you for all participants supporting this blog. Especially the download link's sources and bibliographies.

I'm not an expert teacher or lecturer of chemistry. I was only a student from SMA NEGERI 15 SURABAYA who had been one of the Bronze Medalist Participants of Olimpiade Sains Nasional X (2011) of Chemistry In Manado, North Sulawesi, 11 - 16 September 2011 and graduated in 2012. Now, I'm studying at Universitas Airlangga in Surabaya, Indonesia. I do love chemistry and I would like to help them who had difficulties in studying chemistry. That's why, please understand me if you found some misconcepts in my entries. Suggestions are always necessary in order to develop this blog. And I'm sorry because my English isn't so well.

All posts are originally created by me. I never stole from any sites or somebody's blog. Although sometimes I took pictures or data from other sites, I always wrote the source of that pictures or data.


Protected by Copyscape Unique Content Checker

Sunday, August 14, 2011

Konsentrasi Elektron

Di elektrokimia anda mengenal ada kata massa ekivalen. Apa sebenarnya arti dari ekivalen itu sendiri?

Ekivalen adalah salah satu pembahasan yang tidak lagi dibahas di kurikulum SMA sekarang, padahal seperti yang kita tahu, hal itu adalah penting. Sebelumnya mari kita ingat, dalam kesehariannya, kita mengenal kata mol, massa molar, dan molaritas. Apa hubungan ketiga istilah tersebut dengan ekivalen?

Ekivalen (Atau Ekuivalen) adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah elektron yang dianggap ikut mengalami reaksi kimia dan dengan anggapan elektron memiliki konsentrasi tersendiri, inilah yang dimaksud dengan ekivalen.

Ekivalen sendiri dapat disebut juga sebagai ukuran kuantitas zat yang ada analog dengan mol.

Sebagai contoh, kita ambil Reaksi Reduksi Zn2+ menjadi Zn, dengan persamaan reaksi sebagai berikut: Zn2+(aq) + 2e- --> Zn(s).
Sekarang, apabila diketahui terdapat 65 gram Zn yang terbentuk, berarti anda mendapatkan sekitar 1 mol Seng padat pada reaksi tersebut. Ingat hipotesis Avogadro menyatakan bahwa mol menyatakan jumlah partikel, berarti apabila kita anggap elektron sebagai suatu zat yang ikut bereaksi, akan terdapat 2 mol elektron dalam reaksi tersebut.

Disini kita mendapat 2 Mol Elektron = 2 Ekivalen, untuk reaksi reduksi Zn.


Sekarang kita akan memahami pengertian Massa Ekivalen,
Sebelumnya pengertian Massa molar adalah massa satu mol zat, atau yang biasa kita sebut sebagai Ar / Mr. Menurut konsep mol, massa adalah mol dikalikan dengan massa molar, sehingga kita ketahui bahwa massa molar sendiri berbanding terbalik dengan mol.

Nah sekarang kita kembali ke persamaan Zn2+(aq) + 2e- --> Zn(s). Kita anggap terdapat 1 mol Zn sehingga Ar Zn adalah 65 g / mol.

Jika 65 gram sebanding dengan 1/1 mol, maka apabila terdapat 2 ekivalen, akan terdapat 32,5 gram ekivalen dalam reaksi tersebut. Lebih mudahnya kita lihat persamaan dibawah:



Kenapa kita mendapatkan perbandingan tersebut? karena sejatinya massa acuan adalah Zn, sehingga massa kita anggap konstan.

Sekarang kita memasuki Normalitas, atau Konsentrasi Molar Elektron. Untuk yang ini saya tidak perlu membahas secara detil karena sudah pernah dijelaskan di post sebelumnya, intinya, Normalitas merupakan Molaritas dari setiap Elektron yang terlibat dalam suatu reaksi kimia biasa.

Demikian adalah pembahasan tentang Konsentrasi Elektron, semoga bermanfaat.


Pustaka Lanjutan:
Goldberg, David E. 2008. Schaum's Outlines - Kimia Untuk Pemula Edisi Ketiga (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

No comments:

Post a Comment