Welcome To My Blog

Thanks for Visiting my Blog :)
I wrote my minds in here, I hope my articles will be useful for you.
If you don't mind, please, be my follower so that we can share our minds, thanks.

mylife-diechemie.blogspot.com
My Email: dertraum0127@gmail.com

Thank you for all participants supporting this blog. Especially the download link's sources and bibliographies.

I'm not an expert teacher or lecturer of chemistry. I was only a student from SMA NEGERI 15 SURABAYA who had been one of the Bronze Medalist Participants of Olimpiade Sains Nasional X (2011) of Chemistry In Manado, North Sulawesi, 11 - 16 September 2011 and graduated in 2012. Now, I'm studying at Universitas Airlangga in Surabaya, Indonesia. I do love chemistry and I would like to help them who had difficulties in studying chemistry. That's why, please understand me if you found some misconcepts in my entries. Suggestions are always necessary in order to develop this blog. And I'm sorry because my English isn't so well.

All posts are originally created by me. I never stole from any sites or somebody's blog. Although sometimes I took pictures or data from other sites, I always wrote the source of that pictures or data.


Protected by Copyscape Unique Content Checker

Sunday, September 25, 2011

Elektrolisis Larutan Kalium Iodida

Ada pertanyaan kepada saya, apa yang terjadi jika larutan kalium iodida (KI) dielektrolisis?

Sekarang keadaan yang perlu kita perhatikan adalah: Elektroda yang digunakan, jenis zat yang dielektrolisis, dan tingkat kebersihan peralatan.

Dalam elektrolisis larutan KI, kita dapat menggunakan Elektroda Grafit (Karbon) dengan alasan Karbon bersifat inert dan tidak bereaksi dengan gas - gas yang dihasilkan pada elektrolisis.

Jenis zat yang dielektrolisis adalah Larutan, sehingga perlu diperhatikan antara ion - ion Kalium dan Iodin akan bersaing dengan molekul air untuk dioksidasi atau direduksi.

Secara sederhana, reaksi yang terjadi pada katoda dan anoda adalah:


Sekarang permasalahannya adalah, bagaimana ciri - ciri fisik yang terjadi pada kedua elektroda?

Yang pertama, pada katoda, karena kalium memiliki nilai potensial reduksi standar lebih negatif dibanding air, maka air-lah yang mengalami reduksi. Ion hidroksida yang terbentuk akan berikatan dengan ion kalium membentuk kalium hidroksida. Adanya ion hidroksida menandakan larutan disekitar katoda akan memiliki pH > 7 (Basa). Apabila kita meneteskan indikator Fenolftalein (PP) yang memiliki rentang pH 8,00 - 10,0, akan terbentuk suatu larutan berwarna ungu karena PP bereaksi dengan ion hidroksida membentuk suatu kompleks senyawa yang berwarna ungu. Semakin tinggi pH, semakin gelap warna larutan (Tak berwarna - Rosa - Ungu).

Pada anoda, ion iodida akan teroksidasi menjadi gas iodin diikuti oleh pembentukan gas oksigen yang persentasenya lebih sedikit karena anoda cenderung mengoksidasi ion iodida dibanding air dengan alasan potensial reduksi standar. Ciri - ciri fisik yang terlihat pada elektrolisis ini adalah:

Pertama, dikarenakan Iodin memiliki titik didih melebihi suhu kamar (113,7 oC) sehingga Iodin akan berupa padatan pada suhu kamar. Memang benar ketika ion iodida dioksidasi akan langsung membentuk gas iodin yang berwarna ungu karena energi yang diberikan oleh arus listrik sangat besar sehingga ion iodida teroksidasi membentuk fasa gas, bukan fasa padat. Tapi apabila tidak ada perlakuan lebih lanjut, dengan segera gas iodin akan menyublim dan membentuk Iodin padat yang berwarna hitam.

Karena kita menggunakan larutan KI, Iodin padat dengan spontan larut dalam KI membentuk kompleks Kalium Triiodida (KI3) yang berwarna coklat terang.

Penjelasan diatas dapat dipermudah dengan persamaan kimia berikut:


Jangan lupakan juga bahwa KI merupakan larutan yang tidak begitu stabil apabila berada dibawah pengaruh sinar matahari. Pengaruh ultraviolet (hv) pada larutan KI adalah, KI dapat mengalami reaksi fotodisosiasi membentuk larutan I2 yang berwarna coklat muda didalam air.


Gas Iodin


Larutan KI3 (Coklat)


Padatan Iodin


Kesetimbangan Iodin pada Fasa Gas dan Padat


Larutan Iodin(aq)


Daftar Pustaka:
Wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/File:IodoAtomico.JPG
http://xamplified.com/wp-content/uploads/2009/03/black-flakes-of-iodine1.jpg
http://nobel.scas.bcit.ca/resource/ptable/ptblegif/i.gif
http://www.harpercollege.edu/tm-ps/chm/100/dgodambe/thedisk/labtech/sepfun2.htm
Susilowati, Endang. 2009. Theory and Application of Chemistry 3 for Senior High School. Solo: Tiga Serangkai

10 comments:

  1. ki', copast deh. nanti urlnya aku jadikan daftar pustaka. kalo ada salahnya kamu tanggung jawab.

    ReplyDelete
  2. Aku pernah nyuruh kamu nyopas?
    Bisa sopan sedikit nggak ngomongnya?
    Kamu kira aku nulis ini gampang ta? Aku itu harus buka - buka buku, internet, sama catatan buat mastiin yang aku tulis ini!

    Kalau aku salah konsep ya maaf aja, namanya juga manusia ya tolong dibantu buat betulin postinganku, bukan diancam kayak gitu!

    ReplyDelete
  3. alhamduillaah sangat membantu dlm mnyelesaikan laporan quuu

    ReplyDelete
  4. kak...
    bagaimana kalau elektrolis larutan KI dengan elektroda C...

    ReplyDelete
  5. Di postingan ini elektrolisisnya juga menggunakan elektroda C kok Dek..

    Karena C itu inert dan kemungkinan terbentuk gas sangat kecil oksigen, maka secara dominan di Anoda akan terbentuk Iodin dan di Katoda akan terbentuk gas hidrogen..

    ReplyDelete
  6. hemmm... maksih bnyk y dah bikin saya tambah ngerti.
    aku mau tanya, kalo mnrt aku, jwbn yg ditulis diblog ini tuh bagus, malah keliatan bgt klo ini hasil dari nyari ndiri jawabannya, bukan copas....
    pertanyaaannyaaa.. g takut apa hasil jerih payah malahan dicopas orang asal trus tanpa ngasih tau referensinya dan bilang ke oranglain klo tulisannya bukan dari internet mlhn hasil jerih payahnya ndiri? hhehe
    cuma tanya.. soalnya bnyk orng yg nulis informasi yg pnting secara ngasal, n g mau susah payah wat nulisss..
    i'm proud of you

    ReplyDelete
  7. iya terima kasih atas komentarnya..
    memang kebanyakan posting sya itu original, kalau pun copas, pasti saya tunjukkan referensinya..

    ya sebenarnya takut juga sih makanya aku kasih kode untuk blokir klik kanan dan blok teks, ya tapi semua itu kembali ke individu masing2 hehehe...

    ReplyDelete
  8. Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya untuk keperluan tugas akhir saya. Maklum ini teori dasar yang sudah kita peroleh sejak SMA jadi saya lupa hehe...

    Oh iya kalau boleh saya tanya nih, sebenernya mendasar sih tapi saya butuh klarifikasi dari banyak pihak karena saya belum sampai pada tahap eksperimen. Itu KI kalau dibakar pada suhu di atas titik didih iodine apa akan membentuk gas iodium juga? atau mungkin setelah iodine bergabung dengan kalium menjadi KI, titik didihnya menjadi berubah?

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  9. salam kenal ya,,
    sangat membantu sekali buat literatur.....
    ijin copast ya, buat literatur laporanku.. :)

    ReplyDelete