Welcome To My Blog

Thanks for Visiting my Blog :)
I wrote my minds in here, I hope my articles will be useful for you.
If you don't mind, please, be my follower so that we can share our minds, thanks.

mylife-diechemie.blogspot.com
My Email: dertraum0127@gmail.com

Thank you for all participants supporting this blog. Especially the download link's sources and bibliographies.

I'm not an expert teacher or lecturer of chemistry. I was only a student from SMA NEGERI 15 SURABAYA who had been one of the Bronze Medalist Participants of Olimpiade Sains Nasional X (2011) of Chemistry In Manado, North Sulawesi, 11 - 16 September 2011 and graduated in 2012. Now, I'm studying at Universitas Airlangga in Surabaya, Indonesia. I do love chemistry and I would like to help them who had difficulties in studying chemistry. That's why, please understand me if you found some misconcepts in my entries. Suggestions are always necessary in order to develop this blog. And I'm sorry because my English isn't so well.

All posts are originally created by me. I never stole from any sites or somebody's blog. Although sometimes I took pictures or data from other sites, I always wrote the source of that pictures or data.


Protected by Copyscape Unique Content Checker

The Documents

Friday, December 02, 2011

Boron Trihalida

Boron merupakan salah satu unsur kimia yang menarik untuk dibahas, keunikannya hampir serupa dengan karbon. Sebagai salah satu contoh adalah poli Boron nitrida (BN)n yang berbentuk seperti grafit pada karbon. Bijih utama Boron adalah Borat berupa Borax (Na2B4O7.10H2O) yang biasa disalahgunakan di Indonesia untuk mengawetkan dan mempercantik makanan.

Keasamaan Boron Trihalida meningkat dari Boron Trifluorida (BF3) hingga Boron Triiodida (BI3). Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Boron trihalida adalah salah satu Asam Lewis karena senyawa ini menerima donor pasangan elektron. Dilihat dari strukturnya, seharusnya BF3 adalah asam terkuat dibandingkan dalam golongannya karena atom - atom fluorida yang jelas adalah spesies dengan elektronegativitas tinggi sehingga dapat menarik atom - atom terdistribusi dalam Boron sebagai atom pusat sehingga BF3 akan sangat mudah menerima pasangan elektron.



Mari kita perhatikan struktur BF3 berdasarkan muatan formalnya. Seluruh atom pada BF3 memiliki muatan formal sebesar 0. Hal ini menandakan BF3 berada pada tingkat kestabilan tertingginya. Tetapi, data pengamatan menunjukkan bahwa BF3 tidak memiliki struktur seperti diatas, ingat bahwa aturan oktet lebih diutamakan dalam menentukan struktur senyawa. Struktur BF3 yang lebih tepat adalah:


Berdasarkan muatan formal, muatan formal B adalah -1 sedangkan F adalah +1. Hal ini sebenarnya menandakan bahwa seharusnya struktur tersebut kurang diprioritaskan karena seharusnya B yang lebih elektropositif seharusnya memiliki muatan formal positif dan F adalah negatif. Sekali lagi, fakta telah berkata, memang struktur inilah yang ditemukan dialam.

Menurut penelitian juga, struktur geometri BF3 dapat berubah secara fluktuatif dari bentuk Trigonal Planar (sp2) menjadi Tetrahedral (sp3) dengan perubahan secara setimbang. Karena adanya ikatan rangkap pada senyawa ini, ternyata BF3 dapat melakukan resonansi dengan menggunakan pasangan elektron pi.

Dikarenakan hal ini, pembentukan struktur Boron Trihalida dengan ikatan rangkap lebih mudah terjadi pada BF3 dibandingkan dalam golongannya. Dengan adanya resonansi yang menstabilkan struktur, Keasamaan BF3 lebih rendah dibandingkan lainnya.

BBr3 memiliki keasaman yang lebih tinggi dibanding BF3 karena disamping ukuran Br yang lebih besar, bentuk sp3 dari BBr3 lebih susah terbentuk.

Hidrolisis yang cepat juga menunjang bukti - bukti lain bahwa semakin kebawah dalam golongannya, boron trihalida akan memiliki keasamaan yang semakin kuat.

Meski demikian, penggunaan BF3 sangat meluas, contoh - contohnya adalah:
a. Eter atau alkohol + asam --> ester + H2O atau ROH
b. Asilasi dan alkilasi mirip Friedel-Craft.

BF3 meski susah terhidrolisis dalam air, senyawa ini akan membentuk kesetimbangan terhadap air menjadi senyawa HBF4 yang merupakan asam cukup baik dalam penggunaan di laboratorium.

Daftar Pustaka:
Dokumen Pelatnas I IChO 2012
Wikipedia
Cotton dan Wilkinson. 2009. Kimia Anorganik Dasar. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

No comments:

Post a Comment