Welcome To My Blog

Thanks for Visiting my Blog :)
I wrote my minds in here, I hope my articles will be useful for you.
If you don't mind, please, be my follower so that we can share our minds, thanks.

mylife-diechemie.blogspot.com
My Email: dertraum0127@gmail.com

Thank you for all participants supporting this blog. Especially the download link's sources and bibliographies.

I'm not an expert teacher or lecturer of chemistry. I was only a student from SMA NEGERI 15 SURABAYA who had been one of the Bronze Medalist Participants of Olimpiade Sains Nasional X (2011) of Chemistry In Manado, North Sulawesi, 11 - 16 September 2011 and graduated in 2012. Now, I'm studying at Universitas Airlangga in Surabaya, Indonesia. I do love chemistry and I would like to help them who had difficulties in studying chemistry. That's why, please understand me if you found some misconcepts in my entries. Suggestions are always necessary in order to develop this blog. And I'm sorry because my English isn't so well.

All posts are originally created by me. I never stole from any sites or somebody's blog. Although sometimes I took pictures or data from other sites, I always wrote the source of that pictures or data.


Protected by Copyscape Unique Content Checker

The Documents

Tuesday, December 06, 2011

Hukum Bragg


http://pd.chem.ucl.ac.uk/pdnn/powintro/diffrac.gif

Hukum Bragg ditemukan oleh William L. Bragg dan ayahnya, Sir William H. Bragg. Hukum ini menyatakan bahwa pada suatu panjang gelombang elektromagnet (digunakan sinar X-Ray) yang mengenai kisi kristal padatan baik koheren maupun inkoheren, akan mengalami difraksi kisi dengan sudut sebesar 2Teta.



Tentu kisi kristal tidak hanya memiliki satu lapisan saja. Kisi kristal tersusun dari banyak lapisan dan tiap lapisan tersusun atas sel satuan. Hukum Bragg berguna bagi kita untuk menentukan koordinat titik pantulan dalam Indeks Miller sehingga secara tak langsung dapat menentukan tipe kristal yang diujikan.



Hukum Bragg ditulis dalam persamaan sebagai berikut:

Dengan:
n = Orde Difraksi
Lambda = Panjang Gelombang
d = Jarak antar lapisan

Nilai d akan menentukan tipe kristal yang diuji dan telah didapat data spesifik hubungan d dan ciri - ciri tipe kristal.



d sendiri merupakan nilai yang dapat dihitung dengan persamaan:

Dimana:
d = Jarak antar bidang / lapisan
h,k,l = Indeks miller (h = 1/x , k = 1/y, dan l = 1/z)
a,b,c = Panjang sisi sel satuan.

Latihan Soal:
Soal 1
Tentukan jarak antar bidang suatu sel satuan dengan panjang sisi berturut - turut adalah 0,82 nm , 0,94 nm , dan 0,75 nm untuk partikel pada indeks miller (1,2,3) terhadap pusat.

Petunjuk:
Pusat berarti berkoordinat (0,0,0) dan jangan khawatir dengan satuan. Apabila kalian diminta untuk mengganti satuan, ikutilah. Tapi apabila tidak, biarkan saja.

Jawaban: 0,21 nm

Soal 2
Sebuah sinar monokromatis ditembakkan pada logam Aluminium dengan panjang gelombang 0,709 Amstrong dan menghasilkan sudut pantul sebesar 10,1 derajat. apabila diketahui difraksi terjadi pada orde 2 terang, maka jarak antar bidang pada Aluminium adalah...

Jawaban: 4,04 Amstrong

Soal 3
The glancing angle of first order refection to a cubic crystal of Cuprum with index miller of (1,1,1) is 11,2 degree. The K-Alpha Radiation of X-Ray is 154 pm. Determine the length of side of that cube..

Petunjuk:
Kubus berarti a = b = c.

Jawaban: a = 686,64 pm.


Sumber Pustaka:
Wikipedia
Dokumen Pelatnas I IChO 2012
Catherine E. Housecroft. 2005. Inorganic Chemistry 2nd Edition. Copyright Pearson Education.

No comments:

Post a Comment