Welcome To My Blog

Thanks for Visiting my Blog :)
I wrote my minds in here, I hope my articles will be useful for you.
If you don't mind, please, be my follower so that we can share our minds, thanks.

mylife-diechemie.blogspot.com
My Email: dertraum0127@gmail.com

Thank you for all participants supporting this blog. Especially the download link's sources and bibliographies.

I'm not an expert teacher or lecturer of chemistry. I was only a student from SMA NEGERI 15 SURABAYA who had been one of the Bronze Medalist Participants of Olimpiade Sains Nasional X (2011) of Chemistry In Manado, North Sulawesi, 11 - 16 September 2011 and graduated in 2012. Now, I'm studying at Universitas Airlangga in Surabaya, Indonesia. I do love chemistry and I would like to help them who had difficulties in studying chemistry. That's why, please understand me if you found some misconcepts in my entries. Suggestions are always necessary in order to develop this blog. And I'm sorry because my English isn't so well.

All posts are originally created by me. I never stole from any sites or somebody's blog. Although sometimes I took pictures or data from other sites, I always wrote the source of that pictures or data.


Protected by Copyscape Unique Content Checker

Monday, April 28, 2014

Neraca Massa dan Muatan

Neraca massa dan muatan merupakan metode perhitungan kuantitatif analitik mengenai konsentrasi spesi – spesi penyusun dalam suatu larutan.

NERACA MASSA
Jika terdapat 0,20 mol asam lemah monoprotik HA dituangkan kedalam 1 L labu erlenmeyer, didapat konsentrasi HA (Ca) sebesar 0,20 mol L-1. Asam HA tentu dapat terdisosiasi secara parsial untuk membentuk A- sehingga sekarang, konsentrasi HA akan berupa konsentrasi HA akhir ditambah dengan A-. 

Ca = 0,20 = [HA] + [A-]

Jika asam yang ada berupa asam diprotik H2A dan spesi yang didapat adalah HA- dan A2-, maka:

Ca = [H2A] + [HA-] + [A2-] 


Untuk senyawa HA yang dapat membentuk dimer H2A2. Didapat persamaan berikut:

Ca = [HA] + 2[H2A2]

Faktor perkalian dua (2) disebabkan dibutuhkan dua mol HA untuk membentuk satu mol H2A2.


NERACA MUATAN
Konsentrasi spesi bermuatan positif akan sama dengan konsentrasi spesi bermuatan negatif untuk menghasilkan suatu larutan netral muatannya.

Untuk air murni, didapat: 

[H+] = [OH-]

Jika ditambahkan larutan NaCl, didapat:

[Na+] + [H+] = [OH-] + [Cl-]

Jika yang ditambahkan adalah larutan Na2CO3, didapat:

[Na+] + [H+] = [OH-] + 2[CO32-]

 Faktor perkalian dua (2) pada ion karbonat muatan total karbonat adalah -2


LATIHAN SOAL
(OSN Kimia). Larutan asam sulfat memiliki konsentrasi 1 x 10-7 M. Jika diketahui tetapan ionisasi kedua asam sulfat K2 = 1,2 x 10-2 .
a. Tuliskan perbandingan konsentrasi spesies – spesies kimia yang setara dengan K2
b. Tuliskan persamaan konsentrasi spesies – spesies kimia selain [H+] dan [OH-] yang jumlahnya setara dengan 1 x 10-7 M
c. Hitung pH larutan asam sulfat tersebut

No comments:

Post a Comment